Belasan Tenaga Ahli Lulusan Kampuh Welding Indonesia Diterima Bekerja di Mitsui Shipbuilding Jepang

Surabaya- – Program pemagangan para siswa alumni Kampuh Welding Indonesia di berbagai tempat baik di dalam dan liar negeri yang sudah terlaksana selama ini telah memberikan dampak positif bagi peningkatan tenaga terampil dalam bidang pengelasan. Para siswa yang telah melakukan pemagangan dan selesai masa magangnya banyak yang langsung diterima menjadi karyawan di berbagai perusahaan.

Sapta, salah seorang staf bagian penempatan di kampuh Welding Indonesia melaporan bahwa pada hari Kamis, 5 Maret 2020. Dilakukan pemberangkatan para pekerja skill worker (SSW) ke galangan kapal Mitsui Jepang. Sebagaimana regulasi yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah negara Jepang, bahwa siapa saja bisa menjadi para pekerja skill di Negari Sakura tersebut.

Sapta juga menjelaskan bahwa Pada kesempatan kali Mitsui E&S Shipbuilding, yang mempunyai galangan kapal di daerah Chiba, merekrut kembali para pemagang dahulunya untuk kembali lagi ke negara Jepang sebagai pekerja skill atau yang lebih dikenal dengan Specified Skiil Worker (SSW).

Sedangkan Direktur Kampuh Welding Indonesia, Moh Moenir menyampaikan bahwa rombongan 19 welder ini merupakan kelompok yang pertama kalinya difasilitasi proses pemberangkatan pekerja Skill tersebut oleh Kampuh Welding Indonesia . Semoga dengan program SSW ini Diklat KWI bisa terus ikut andil guna meningkatkan sumber daya manusia Indonesia dengan mengirimkannya ke negara Jepang.

Seperti diketahui Kampuh Welding Indonesia adalah Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) yang bergerak dalam bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam Bidang Teknologi Las yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Sebagai LPKS, Kampuh Welding Indonesia telah memperoleh Sertifikat Verifikasi sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Lembaga Sertifikasi Profesi LAS (LSP – LAS) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Logam Mesin Indonesia (LSP-LMI) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Kampuh Welding Indonesia juga melaksanakan Kualifikasi/Sertifikasi yang bekerjasama dengan International Association of Classification Societies (IACS) Members, diantaranya Lloyd Register (Class LR) – Inggris, Nippon Kaiji Kyoukai (Class NK) – Japan. Selain dengan IACS Members, Kualifikasi/Sertifikasi juga dilaksanakan bekerjasama dengan Biro Klasifikasi Indonesia (Class BKI) – Indonesia. (Sfl)