Kampuh Welding Indonesia Peroleh ISO 21001-2018 for Education Organization Management System

Surabaya – – Perjalanan Kampuh Welding Indonesia yang memasuki perjalanan tahun ke-6 terus menjadikan harapan baru dalam pengembangan kompetensi welder yang berkualitas dan bersertifikasi baik nasional dan International dan bisa meningkatkan profesionalisme welder sesuai kebutuhan ilmu pengetahuan dan teknologi pengelasan.

Untuk mencapai itu semua diperlukan manajemen yang baik dan benar. Sebagai tolak ukur sistem manajemen itu, Kampuh Welding Indonesia telah melaksanakan kriteria manajemen yang baik dari sisi internal maupun eksternal berdasarkan standar manajemen ISO 9001: 2015 telah dilaksanakan sejak beberapa tahun yang lalu. Untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan sistim itu di audit oleh pihak luar yang menerbitkan sertifikasi dalam hal ini adalah eQual Assurance dari Australia. Audit ini dilaksanakan pada hari Rabu, 20 November 2020 di ruang rapat PT Kampuh Welding Indonesia dalam rangka Pelaksanaan Audit eksternal Sertifikasi ISO 9001: 2015.

Acara yang berlangsung selama 1 hari tersebut tersebut diikuti oleh seluruh Tim ISO 9001:2015 dan perwakilan bagian di lingkungan Kampuh Welding Indonesia yang akan di Audit sebagai persyaratan ISO 9001:2015 pada aktifikatasnya sesuai dengan sistem manajemen itu.

Kegiatan audit eksternal ini dibuka oleh Edhie Sudjatmiko, dalam pembukaannya beliau menyampaikan terimakasih atas kehadiran Auditor dari eQual Assurance yang telah memberikan kesempatan untuk mensertifikasil Kampuh Welding Indonesia dan sudah dilaksanakan selama ini, dimana pada pelaksanaan ini telah memberikan kontribusi perbaikan pada lembaga ini.

“Pelaksanaan layanan mutu melalui Sertifikasi ISO 9001:2015 di Kampuh Welding ini sangat penting karena untuk mengupgrade sertifikasi ISO kita sehingga bisa meningkatkan kinerja lembaga Diklat pengelasan ini. Hal ini juga nantinya akan mempengaruhi eksistensi kita di waktu yang akan datang. Mudah-mudahan ISO 9001:2015 kita ini bisa di perpanjang dengan semakin meningkatnya kualitas layanan kepada semua pihak terkait sebagai point dasar bagi kita dan bisa diimplementasikannya di manajemen dengan sebaik baiknya” Ujarnya.

Sedangkan Ainur Leksono; Auditor dari eQual Assurance menyampaikan bahwa audit ini bertujuan untuk melihat sejauh mana implementasi ISO 9001: 2015 di Kampuh Welding Indoneaia sesuai dengan prinsip dan aturan persyaratan.

“Pelaksanaan Audit Sertifikasi Renewal ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 ini meliputi pemeriksaan pemenuhan persyaratan dokumen dan implementasi dokumen yang berkaitan dengan syarat ISO 9001:2015. Dengan dikeluarkannya sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 oleh eQual Aasurance, akan memberikan banyak manfaat yang salah satunya ialah memberikan jaminan kualitas dan mutu. Selain digunakan sebagai senjata untuk bersaing dengan Institusi lain, ISO 9001:2015 juga menjadi penjamin mutu. Hal ini akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Kampuh Welding Indonesia bahwa akan memberikan proses layanan yang prima, baik dari segi pelaksanaan Diklat maupun administrasi”. Ujarnya

Ainur ketika audit berlangaung juga menambahkan bahwa fungsi ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 untuk memastikan prosedur pelayanan yang ada di Diklat ini sudah baku sehingga dalam melaksanakan programnya sudah jelas. Pada dasarnya, penerapan ISO 9001:2015 ini untuk menjamin kepuasan siswa, instruktur, karyawan, maupun pihak yang terlibat yang berhubungan dengan Kampuh Welding Indonesia baik di dalam maupun di luar.

Padasesi penutupan pelaksanaan Audit eksternal ISO 9001:2015 di Kampuh Welding Indoneaia ini, Ainur juga menyampaikan tentang pelaksanaan kegiatan Audit mulai pagi sampai selesai dengan melihat dokumen, tinjauan lapangan dan diskusi dengan berbagai pihak dalam menemukan kelebihan dan kekurangan pelaksanaan ISO 9001:2015 dan sekaligus pemberian sertifikat untuk ISO 21001:2018 di Kampuh Welding Indonesia.

“Puji syukur Alhamdulillah Audit eksternal dan Renewal di Kampuh Welding Indonesia berjalan lancar dan tidak ditemukan temuan yang berdampak menggangu sistem manajemen baik langsung tidak langsung, kami sangat mengapresiasi kemajuan Kampuh yang begitu cepat dalam pengembangan program dan sarana peasarana yang sangat baik. Sejauh yang kami amati ada yang perlu perhatian beberapa hal ada yang harus segera diperbaiki sehingga tidak berpotensi buruk untuk kedepannya dan sertifikasinya bisa diperpanjang sekaligus diterbitkan ISO 21001:2018” Tutupnya.

Temuan Audit eksternal ini menjadi masukan bagi Kampuh Welding Indoensia untuk merancang program yang lebih baik dalam pencapaian visi, misi dan tujuan melalui memperkuat branc image yang sudah baik menjadi lebih baik dengan memberikan pelayanan prima agar mendapat standar terbaik. Perbaikan akan dilaksanakan tinISO 9001:2015 pada masa 4 hari kerja berupa rencana program perbaikan. Tahun depan pada 2020 akan di audit lagi perbaikan yang harus dilakukan.

Sedangkan Direktur Kampuh Welding Indonesia, Moh Munir menyampaikan terimakasih dan aptesiasi kepada tim dari Kampuh Welding Indonesia yang terus maju berbenah dan berkembang dalam menyiapkan segala sesuatunya demi kelamcaran audit Renewal ini. Teringat juga untuk tim Auditor eQual Assurance yang telah melaksanakan tugas dan memberikan masukan untuk kemajuan manajemen yang lebih baik serta dikeluarkannya sertifikat terbaru ISO 21001:2018.